Wednesday, April 4, 2012

Sejuta Alasan


Sebuah puisi.
Anonim;
namun cukup membuat merenung.



"Jika aku mencintaimu karena sifatmu yang ceria
Menjadi semangat yang menyala dalam dada
Kemudian aku bertanya,
Bila keceriaan itu kelam dirundum duka
Seberapa muram cintaku padamu nantinya? 
Jika aku mencintaimu karena kecantikanmu
Meredupkan pandangan di mataku
Kemudian aku bertanya,
Saat kecantikan itu memudar ditempuh usia
Seberapa pudarkah kelak cintaku kan ada? 
Jika aku mencintaimu karena keramahanmu
Memberi kehangatan dalam setiap sapaanmu
Kemudian aku bertanya,
Kiranya keramahan itu tertutup kabut prasangka
Seberapa mampu cintaku memendam praduga? 
Jika aku mencintaimu karena cerdasnya dirimu
Membuatku yakin pada setiap pekerjaanmu
Kemudian aku bertanya,
Ketika kecerdasan itu hilang meniti usia
Seberapa bijak cintaku untuk tetap bersama? 
Jika aku mencintaimu karena kemandirianmu
Menyematkan rasa banggaku padamu
Kemudian aku bertanya,
Di saat sifatmu yang manja menjengah
Seberapa besar cintaku padamu untuk dibanggakan? 
Jika aku mencintaimu karena tegarnya sikapmu
Menambatkan rasa kagumku pada utuhnya pertahananmu
Kemudian aku bertanya,
Andai ketegaran itu rapuh diterpa badai
Seberapa kuat cintaku yang tinggal? 
Jika aku mencintaimu karena pengertian yang kau berikan
Menumbuhkan ketenangan dengan kepercayaan yang kau tanam
Kemudian aku bertanya,
Kelak pengertian itu ditelan ego sesaat
Seberapa banyak mampu ku mengerti tanpa syarat? 
Jika aku mencintaimu karena luasnya kesabaranmu
Menambah dalamnya rasa cinta semakin ku mengenalmu
Kemudian aku bertanya,
Mungkin kesabaran itu mencapai batasnya,
Seberapa besarkah cintaku mampu memaafkan? 
Jika aku mencintaimu karena keteguhan iman yang kau punya
Bagai siradj yang benderang mengantarkan cahaya
Kemudian aku bertanya,
Kala iman itu jatuh merundum
Seberapa banyak sisa cinta yang terangkum? 
Jika aku mencintaimu karena engkau lah yang telah kupilih
Yang kan kupegang sepanjang hayat
Kemudian aku bertanya,
Saat hati ini tergoncang
Seberapa mantapkah cinta ini untuk tetap setia?
  
Biarpun sejuta alasan
Tetap tidak mungkin cukup
Membuat cintaku tetap bersamamu 
Melainkan jika aku mencintaimu karena Ilahi 
Karena Dia kan selalu ada
Untuk menjaga keutuhan cinta ini
Hingga kelak ku tak mampu lagi mencintaimu
Karena cintaku… berpulang padaNya
."


 (via: hasbunallah)

No comments:

Post a Comment