Sunday, December 30, 2012

Guru Hati

29 Desember
Jalan-jalan CoH
Balairung UI

"Ayo adik-adik, sekarang waktunya kita menggambar.. Di sebelah gambarnya kalian boleh tulis cita-cita kalian ya.."

Semua anak sibuk menggambar.
Sepuluh menit berselang, aku menghampiri seorang anak yang memakai baju merah. Namanya Viranda.

"Viranda, kamu gambar apa?"

"Gambar sekolah.."

"Wah, bagus ya.. Cita-cita Viranda apa?"

.....
tidak ada jawaban. Gadis kecil di depanku ini hanya tersenyum sambil tersipu malu.
Kulihat sekilas kalimat yang tertulis di kertas yang ia pegang.

menjadi guru hati
orang jadi lebih baik oyah

Anggi, yang berada di samping Viranda, membacakan tulisan tersebut dan berkata,
"Ah, tulisan Viranda enggak jelas. Enggak ngerti"

Aku tersenyum, lalu bertanya pada Viranda,
"Jadi kamu mau jadi guru ya?"

Ia mengangguk.

"Viranda mau jadi guru hati, supaya orang jadi lebih baik, gitu?"

Ia kembali mengangguk.

Aku tidak sepenuhnya yakin bahwa itulah yang dimaksud. Anak-anak terkadang punya imajinasi yang lebih luas dari seantero jagat raya, bukan?
Ah, apapun yang sebenarnya Viranda maksud,
satu hal yang aku pahami: ia mau menjadi guru.

Guru apapun itu. 
Guru hati sekalipun,
semoga bisa menebar kebaikan ya sayang :)

2 comments:

  1. Hai Cy, percaya nggak, gue lagi liat-liat video-video musik di youtube, sambil dengerin musiknya, iseng buka dan baca ini. Ga peduli musiknya jazz samba gitu, entah kenapa tiba-tiba gue nangis aja gitu baca ini hahaha tulisan lo selalu menyentuh Cy. Keep putting your soul in every single word you write :)

    ReplyDelete
  2. Ah, Ical... :') Aaaaamin terimakasih sudah menyempatkan diri membaca tulisan gue hehe semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete